KSG-SAC dan cerita dari BIG ISOC 2013

    Dalam rangka memeriahkan lomba Orienteering BIG ISOC 2013 STARGIS, JURUSAN PJSIG, FAKULTAS GEOGRAFI, UNIVERSITAS GAJAH MADA (UGM)., Divisi Navigasi KSG-Social Adventure Club FIS UNNES mengirimkan delegasi anggota KSG-SAC untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut Nama Delegasi : GEDE  ASWIN YOGA PUTRA Aka singek, MUHAMMAD FUAD HASAN aka Kemeng, HARYADI aka Kebo dan ALVIN FAUZI aka Ndoler. Lokasi Lomba berada di Labotarium Geospasial pantai Depok, Parangtritis, D.I Yogyakarta. Waktu : Jumat - Minggu, 15 – 17 November 2013.
      Orienteering sendiri adalah menggunakan kompas dan peta sebagai alat untuk menemukan titik yang telah ditentukan, sehingga penguasaan ilmu medan dan navigasi darat sangat diperlukan dalam lomba ini, selain itu kecepatan, ketahanan fisik dan ketepatan strategi menjadi faktor dalam penilaian lomba orienteering.
KSG-SAC sebagai organisasi pecinta alam yang berada dilingkungan Fakultas Ilmu Sosial Unnes merasa tergerak untuk ikut berpartisipasi dalam lomba orienteering ini, agar dapat mempraktekkan ilmu navigasi darat yang telah dipejalari selama berada di KSG-SAC serta menambah pengalaman bagi anggotanya.
Jumat, 15 November 2013
Sebelum berangkat, kami melakukan persiapan lebih dulu, persiapan meliputi:
1. Persiapan administrasi; fotocopi identitas, foto, surat delegasi, surat sehat dari dokter, dan biaya lomba 4 peserta dan 1 official sebesar Rp.495.000. yaitu 1 peserta Rp. 110.000 dan official Rp. 55.000 Biaya sebesar Rp. 300.000 berasal dari Fakultas Ilmu sosial.
2. Logistik; seperti makanan dan minuman yang diperlukan.
3. Peralatan; kompas, jam tangan, protaktor ,matras, alat masak dan alat makan.
Persiapan telah selesai, baru pada pukul 09.00 WIB kami berangkat menuju UGM Yogyakarta, dan sampai pukul 14.00 karena ada trouble di perjalanan yang dikarenakan hujan.
 
Sebelum Technical meeting di mulai kami melakukan daftar ulang dan  peserta diberi kaos, stiker, dan buku panduan lomba. Technical Meeting dimulai pukul 17.00 di ruang Auditorium Merapi, Fakultas Geografi UGM. Pada kegiatan ini peserta diberi pengarahan tentang jalannya lomba,mulai dari tata tertib, peraturan, larangan dan pemberian hadiah. Pada saat TM ini peserta juga diberikan nomor dada yang ditentukan panitia dan sportident, kami mendapatkan nomor dada 92, 116, 117, 118. Pukul 20.25 WIB TM selesai, selanjutnya kami pergi ke Gelanggang Mahasiswa UGM untuk bertemu teman dan disana kami beristirahat sebelum itu kami mencari makan di daerah gejayan dan meloundry pakaian kami yang basah karena terkena hujan saat perjalanan berangkat ke jogja, setlah itu kami kembali ke gelanggang mahasiswa UGM ke sekretariat Merpati Putih untuk beristirahat.
Sabtu, 16 November 2013
Kami bangun pagi pukul 05.00 selanjutnya kami langsung sholat dan membersihkan diri karena jam 07.00 akan diadakan opening ceremony BIG ISOC 2013 di aula lapangan futsal Gelanggang Mahasiswa UGM. Setelah selesai membersihkan diri kami mengikuti opening ceremony BIG ISOC 2013 dengan seluruh peserta yang berasal dari penjuru indonesia dan acara pembukaan yang sangat meriah sekali dengan sambutan kepala Badan Informasi Geospasial, FONI, dan kepala jurusan PJSIG UGM serta diiringi Bali dance. Setelah opening ceremony selesai kami kembali ke sekretariat Merpati Putih untuk packing dan sebelum meninggalkan Gelanggang Mahasiswa UGM kami sarapan pagi di kantin, setelah itu kami langsung meninggalkan Gelanggang Mahasiswa UGM menuju Kost teman kami di daerah gondokusuman, Yogyakarta. Hari ini hanya ada perlombaan sprint distance untuk tingkat pelajar yang bertempat di kawasan kampus UGM dan untuk tingkat sipil perlombaan middle distance dilakukan esok hari di pantai depok, labotarium Geospasial. Sesampainya di kost, kami langsung istirahat dan pada malam hari kami membeli perbekalan untuk besok yaitu roti dan buah pisang serta vitamin dan kami juga makan malam dan setelah itu kami kembali ke kost untuk istirahat.
Minggu, 17 November 2013

      Bangun pagi sekitar pukul 05.00, kami bangun pagi agar dapat mempersiapkan segala sesuatunya seperti menyiapkan bekal, sarapan dan membersihkan diri, karena pukul 07.00 kami harus melakukan registrasi ulang sebelum keberangkatan ke labotarium Geospasial, pantai Depok, Parangtritis. Pukul 06.25 persiapan kami telah selesai dan langsung berangkat ke kampus UGM, disana kami melkukan registrasi ulang dan langsung mengikuti panitia menuju bus yang akan berangkat pukul 08.30 dan sekiranya perjalan memakan waktu satu setengah jam. Pukul 09.45 kita sudah tiba di lokasi perlombaan, kami bergegas melakukan pemanasan di lokasi karantina peserta lomba kami berempat mendapat posisi start yang berbeda. Alvin fauzi start diurutan 8, Muhammad Fuad Hasan start diurutan 20, Gede Aswin Yoga Putra start diurutan 52, dan Haryadi start diurutan 97. 
    Disini kami mengikuti lomba sesuai dengan tata tertib perlombaan yang sudah di sepakati sewaktu technical meeting pada hari jumat. Dalam perlombaan tidak ada halangan berarti, kami semua bisa mencapai garis finish dengan sehat dan tidak ada yang terkena diskualifikasi. Hasil perlombaannya dari tim KSG yaitu Haryadi dengan waktu tempuh 24 menit 11 detik menempati peringkat 4, Muhammad Fuad Hasan dengan waktu tempuh 25 menit 38 detik menempati peringkat 5, Alvin Fauzi dengan waktu tempuh 25 menit 46 detik menempati peringkat 6, dan Gede Aswin Yoga putra dengan waktu tempuh 40 menit 27 detik menempati peringkat 14 dengan total peserta adalah 22. Dengan hasil ini kami semua merasa tidak terlalu kecewa karena banyak pengalaman yang sudah kami dapat dari mengikuti perlombaan ini.
   
 Setelah semua selesai sekitar pukul 16.00 kami dan dengan rombongan peserta lainnya beserta panitia berangkat menuju rumah budaya Tembi untuk acara penutupan, disana kami mendapatkan fasilitas makan malam prasmanan dan hiburan akustik dari salah satu band ternama di yogyakarta dan acara puncaknya adalah penyerahan juara dan pada kesempatan ini tim KSG mendapatkan nominasi Best Fair Play BIG ISOC 2013. Kami menyambut dengan suka cita dan bersyukur mendapatkan trophy beserta uang pembinaan dan atlas kelautan dari Badan Informasi Geospasial, setelah acara selesai kami sempat berfoto satu tim dengan trophy dan kembali ke kampus UGM bersama seluruh peserta dan panitia.
Kami menginap satu malam di Gelanggang Mahasiswa UGM dan paginya 07.15 18 November 2013 kami berangkat menuju kampus UNNES dan sampai pukul 09.55  tanpa ada hambatan dalam perjalanan.
Alhamdullilah acara berlangsung dengan sukses, dan tim KSG mendapat Best Fair Play BIG ISOC 2013.


0 komentar:

Posting Komentar