Cerita Dari Semeru (Pendakian Masal KSG Social Adventure Club 2013)

Dalam rangka realisasi program kerja KSG Social Adventure Club FIS UNNES tahun 2013 dan sebagai sarana mempererat tali persaudaraan antar Pecinta Alam se-Indonesia. KSG Social Adventure Club mengadakan kegiatan pendakian massal ke Gunung Semeru (3676 mdpl) yang merupakan gunung tertinggi dipulau Jawa. Acara yang dilaksakan pada tanggal 24-29 Agustus 2013 ini bertemakan “Summit at Summer” atau Puncak saat Musim Panas. Musim panas merupakan saat yang didambakan oleh setiap pendaki gunung atau pecinta alam, karena pada musim ini merupakan musim yang paling responsible untuk melakukan kegiatan kepecinta alaman dan resiko akan keadaan alam yang tidak mendukung seperti badai, tanah longsor, lahar dingin dan lain sebagainya sangatlah kecil. Musim Panas juga merupakan saat yang menarik dimana pada musim ini cuaca cerah sehingga kita dapat melihat langit biru beserta lautan awan putih disiang hari dan hamparan bintang-bintang dimalam hari selain itu mumerupakan musim untuk bunga Edelweiss bermekaran. Tentunya hal-hal tersebut sangat mendukung untuk kegiatan memuncak di tanah tertinggi dari pulau jawa.

Acara pada hari sabtu, 24 Agustus 2013 adalah keberangkatan ke Malang dari Semarang tapi sebelumnya registrasi peserta dan pendaftaran ulang peserta serta pengambilan fasilitas peserta penmas seperti Baju penmas, Tas daypack, stiker dan fasilitas lainnya.
Setelah menempuh perjalanan hampir 12jam, akhirnya sampai juga di Tumpang, Kabupaten Malang. Dan selanjutnya panitia dan peserta istirahat dulu di Balai Rakyat Tumpang.

Registrasi peserta


Persiapan keberangkatan ke Malang



Panitia dan Peserta beristirahat di Balai Rakyat Tumpang, Kabupaten Malang

Hari Minggu, 25 Agustus 2013 peserta bangun kemudian sarapan yang sudah di sediakan oleh panitia, kemudian peserta langsung di kondisikan untuk keberangkatan ke Ranupani. Perjalanan menuju Ranupani tidak menggunakan kendaraan biasa, tetapi menggunakan Jeep karena medannya yang cukup sulit.
Persiapan keberangkatan ke Ranupani

Setelah sampai di Ranupane, peserta di kondisikan untuk persiapan memulai perjalanan ke tempat camp pertama yaitu Ranu Kumbolo
Sampai di Ranupani


Ranu Kumbolo dilihat dari Pos 4

Setelah perjalanan 4-5jam akhirnya semua peserta sampai juga di tempat camp pertama yaitu di Ranu Kumbolo. 
Peserta mendirikan camp di Ranu Kumbolo

Suasana Ranukumbolo yang indah, diselimuti awan putih, dingin yang mencekam, tetapi walaupun dingin serasa hangat ketika kebersamaan itu ada. 

Senin, 26 Agustus 2013, para peserta dan panitia bersiap-siap menuju camp selanjutnya yaitu Kalimati, dimana ini adalah camp terakhir sebelum summit attack nanti malamnya
Sunrise di Ranu Kumbolo

 Burung endemik di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Perjalanan menuju Kalimati akan melewati padang rumput yang luas yang dinamakan oro-oro ombo. Lalu akan melewati hutan pinus yang dinamakan cemoro kandang dan jambangan, dimana kita bisa melihat puncak mahameru dari situ.

 Oro-oro ombo

 Puncak Mahameru terlihat gagah dari jambangan

Para panitia berpose di Kalimati

Bersama Gimbal Alas “Backward Hiking” di Kalimati


Selasa dini hari tanggal 27 Agustus 2013, para peserta dibangunkan untuk Summit Attack. Ini dilakukan karena medan menuju puncak adalah pasir dan sangat curam, selain itu pada siang hari angin cenderung ke utara menuju puncak membawa gas beracun dari kawah Jonggring Saloka
Perjalanan dari Kalimati ke puncak membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam.

 Mbah Gelek, sampai dipuncak duluan dan tanpa memakai alas kaki


 Sunrise dari puncak tertinggi di tanah jawa

 Diatas awan kita kan menang

Bendera KSG-Social Adventure Club dan Fakultas Ilmu Sosial 
berkibar dipuncak tertinggi di Jawa


Foto bareng panitia dan peserta Penmas di Puncak tertinggi di tanah Jawa

Jam 08.00 WIB peserta harus turun menuju Kalimati, sesampainya di Kalimati peserta packing, siap-siap kembali menuju Ranu Kumbolo.
Rabu, 28 Agustus di Ranu Kumbolo para peserta dan panitia bersiap menuju Ranupani lalu Pasar Tumpang untuk kembali ke Semarang

Tempat camp peserta Penmas di tepi Ranu Kumbolo

Peserta narsis dulu dibawah tanjakan cinta

Sebelum meninggalkan Semeru, berpose dulu

Kamis, 29 Agustus 2013 kami semua telah sampai di Kampus UNNES setelah perjalanan kurang lebih 12 jam.
Di Kampus UNNES dilakukan pembagian doorprize dan penutupan.

Penyerahan doorprize utama 

 Karena masih dalam suasana Idul Fitri jadi bersalaman-salaman dahulu sebelum berpisah


Demikianlah sedikit cerita dari Pendakian Massal Gunung Semeru KSG Social Adventure Club. Selamat berjumpa dan menyimak cerita dari event KSG Social Adventure Club. Sekian dan Salam lestari!!!

1 komentar:

  1. menarik sekali,, terimakasih atas informasinya.. sangat bermanfaat dan menambah wawasan tentunya.. thanks for sharing . nice post

    ST3 TElkom

    BalasHapus